Senin, 15 April 2013

Mobil Pohon Yez, Penghasil Oksigen Dan menyerap Karbon Dioksida




 Sebuah inovasi mobil masa depan yang baru yang dapat menghasilkan oksigen layaknya pohon pada biasanya. Mobil yang dipamerkan pada Beijing Auto Show yang berlangsung di China. Sebuah mobil yang menggunakan konsep photosynthesizing merupakan sebuah konsep dari dua produsen mobil SAIC dengan GM.YeZ. Ciri khas dari mobil ini adalah atapnya yang menyerupai daun. Dengan Konsep photosynthesizing mobil ini menyerap karbon dioksida dari luar dan merubahnya menjadi oksigen. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi turbin angin kecil dirodanya. Atap yang menyerupai daun ini memiliki ratusan solar sell yang berguna untuk menangkap panas sinar matahari dan bergerak mengikutinya agar terserap maksimal. Meski kecil, mobil ini memiliki sistem berpenggerak semua roda (all wheel drive). 

           Jadi, mobil ini ibarat sebuah mesin turbin raksasa yang mampu mengubah tenaga angin menjadi listrik. Untuk lebih menyerupai daun sesungguhnya, diciptakan melalui bahan organik tumbuh-tumbuhan. Kendaraan ini bisa menciptakan oksigen sebagai gas buang.

Spesifikasi YeZ :
  • Atapnya terbuat dari panel surya dengan desain seperti alur pada permukaan daun. Di sini terjadi proses penyerapan sinar matahari. 
  • Mobil ini berkursi dua dengan desain futuristik dan atap berbentuk daun sebagai simbol ramah lingkungan. 
  • Roda menghasilkan listrik dari putaran rotor dan turbin. 
  • Sinar matahari diserap atap yang bisa bergeser untuk membentuk sudut tertentu hingga maksimal menyedot energi panas. 
  • Pada saat yang sama, bodi mobil menyerap karbon dioksida, dan melepas oksigen ke udara bebas. 

          Konsep-konsep fotosintesis buatan yang akan digunakan di mobil konsep ini sudah banyak diberitakan beberapa tahun lalu seperti pada penelitian yang dilakukan MIT di laboratorium Dan Nocera. Dia dan Matthew Kanan mengembangkan proses yang menggunakan sinar matahari untuk memisahkan air menjadi hidrogen dan oksigen. Hidrogen akan digunakan dalam sel bahan bakar dan oksigen dilepas ke udara.

          Dan ketika menulis tentang Yez, penulis dari Gizmag, Mike Hanlon, mengutip para peneliti di Universitas Leiden di Belanda yang sudah merintis proyekmenciptakan daun buatan. Upaya ini memungkinkan proses fotosintesis buatan bisa sangat mungkin menjadi kenyataan pada 2030.

          Salah satu alasan pecinta lingkungan mencintai pohon karena daun dari pohon merupakan penyerap CO2 dari atmosfer, dan menggunakannya untuk menghasilkan energi dan memancarkan kehidupan dengan melepas oksigen. Tentunya akan lebih bagus lagi jika mobil- yang terkenal karena emisi CO2 nya - bisa melakukan hal yang sama?


sumber :

http://beritapopulerz.blogspot.com/2010/12/mobil-pohon-yez-penghasil-oksigen-dan.html

http://nira15.blogspot.com/2013/03/mobil-pohon-yez-penghasil-oksigen-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar